Pare (Paria) Membantu mengatasi Diabetes dan Jantung

tanamanfaat, tanaman bermanfaat, pare, tanaman obat, herbal, obal alami, obat diabetes, obat sakit hantung
Tanamanfaat - Pare
Pare (Peria) termasuk jenis buah labu-labuan, memang sangat pahit rasanya. Namun, ternyata banyak manfaat sehat buah pare jika kita konsumsi secara teratur. Rasa pahit pare bisa dikurangi dengan cara direndam dalam air hanagat dicampur garam, kurang lebih selama 30 menit.
Dengan cara di rebus juga bisa, tapi nutrisi dalam buah pare akan ikut luntur terkena panasnya air mendidih. Kuman saja mati terkena air panas, apalagi sekedar rasa pahit.
Mungkin sering Anda temui ya… pare dijadikan lalapan makan sehari-hari maupun biasa sebagai campuran jajanan siomay. Hal ini biasa dilakukan di wilayah Jawa Barat dan sudah menjadi tradisi dari nenek-moyang. Kebanyakan cara konsumsi direbus setengah matang dahulu kemudian disajikan diantara lauk-pauk lain.
Kandungan nutrisi pare mampu menjaga kondisi fit tubuh Anda agar selalu tampak segar-bugar. Khasiat pare jarang dikenal, sebab orang-orang sudah dihipnotis dengan kata “pahit“. Sehingga enggan mengkonsumsi setiap hari, terkecuali untuk pengobatan.
Padahal akan sangat bermanfaat jika teratur mengkonsumsi, tidak usah terlalu sering cukup seminggu 2 kali. Ini yang sering saya lakukan untuk keluarga saya di rumah. Jika Anda pandai mengolahnya akan jadi menu favorit tambahan.
Berikut manfaat sehat buah pare:
1. Meningkatkan imunitas
Peria atau pare dikenal sebagai sayuran yang bisa meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Anda bisa merebus pare dalam air kemudian mengkonsumsi air setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Tak hanya itu, pare juga kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.
2. Menyembuhkan gangguan pernapasan
Untuk gangguan pernapasan seperti pilek, batuk, dan asma, jus pare adalah obatnya. Biasakan untuk mengkonsumsi jus pare segar setiap pagi sebelum sarapan untuk mendapat hasil terbaik.
3. Mengatasi jerawat
Untuk detoksifikasi (yaitu: Membuang racun secara alami), pare juga punya kemampuan untuk memurnikan darah. Pare bisa bekerja untuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Bukan cuma itu, sayuran ini juga bisa membantu penyembuhan infeksi kulit dan darah lainnya, seperti bisul, kudis, hingga penyakit jamur.
4. Membantu mengobati diabetes
Sayuran berwarna hijau ini mengandung phytonutrient, polipeptida-P, yang merupakan insulin tanaman untuk mengurangi kadar gula darah. Kedua nutrisi itu bisa menyusun agen hipoglikemik yang disebut charantin untuk meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh dan membantu dalam pengobatan diabetes, sekaligus mengurangi kadar gula dalam darah.
5. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung didominasi oleh tumpukan kolesterol dalam darah, maka pare juga bagus untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi pare secara teratur bisa membuat hidup Anda bebas penyakit dan menikmati kehidupan lebih panjang.
Sekarang sudah tau kan khasiat pare dapat menjaga tubuh Anda tetap fit? Tidak perlu takut dengan rasa pahit pare, tapi bayangkan betapa pentingnya kegunaan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sayangilah hidup Anda dengan konsumsi makanan sehat, itu berarti Anda mensyukuri kehidupan ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »